MEMBUAT ANIMASI 3D DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER
disini saya akan tempat tempat keripik di minimarket dimana bungkus keripik berbentuk 3 dimensi dan meja display untuk chiki nya berbentuk 3D.
berikut saya akan jelaskan bagaimana cara membuatnya dengan menggunakan Software blender.
sebelumnya saya akan menjelaskan Blender itu apa
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi.
Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.
Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game menggunakan logic bricks. Dan ada juga Cycles render.
berikut tampilan awal blender
Berikut adalah tutorial untuk membuat bungkus keripik kentang, dengan environment dalam sebuah minimarket.
Tekan Shift+A, dan pilih Cube, untuk mengubahnya menjadi bentuk yang diinginkan, digunakan kombinasiScale dengan sumbu XYZ.
Setelah mendapat bentuk yang diinginkan, buat subdivisionnya dengan menekan CTRL+R
Kemudian, untuk mendapatkan sudut-sudut yang lancip (seperti pada bungkus keripik kentang), pilih mode edge, kemudian klik merge>collapse untuk mendapat sudut yang lancip. Perintah ini akan menyatukan kedua sudut tersebut menjadi 1 node.
Setelah itu kita bermain lagi dengan perintah Scale dengan menekan sumbu XYZ untuk mendapatkan bentuk seperti di atas.
Setelah itu kita menggunakan UV Editing, untuk memasukkan merk keripik kentang ke objek yang telah di render.Pilih New di window bagian kiri, kemudian Open gambar yang ingin digunakan. Select ALL atau tekan tombol A untuk memilih semua ruas di window kanan, kemudian tekan U. Karena bentuk objeknya agak rumit, kita pilih Smart UV Project. Map yang telah di render akan muncul di bagian kiri window, dan kita hanya perlu menyesuaikan Map dengan gambar yang tersedia.
Kemudian, ganti ViewPort Shading dengan mode Texture, untuk melihat hasil gambar setelah diaplikasikan ke objeknya.
Berikutnya, untuk menghasilkan efek yang sama saat objeknya di render, gunakan perintah berikut. Di bagian kanan layar, pilih tab Material, dan New. Setelah itu, pilih tab Texture. Kemudian ganti type texture menjadiImage or Movie. Di bawahnya lagi buka image yang akan digunakan sebagai label. Kemudian dibawahnya lagi, di bagian Mapping, pilih koordinatnya sebagai UV.
Berikut adalah hasil texturenya:
LIGHTING, SHADING, DAN CAMERA
Berikutnya, saya akan membuat rak, lantai, dinding, serta tulisan minimarket
Untuk membuat rak, SHIFT+A > Plane, kemudian tekan E untuk extrude. Setelah itu tekan X dan hapus face, untuk mendapatkan bentuk mangkuk. Setelah itu, face alas plane tadi di extrude ke bawah sehingga mendapat bentuk di atas.
Selanjutnya rak tadi di beri efek UV MAPPING juga, caranya sama dengan memberi UV MAPPING pada bungkus keripik sebelumnya.
Berikutnya, untuk menambah pencahayaan, ditambahkan lampu spot. Tekan shift+a, kemudian pilihlamp>spot. Setelah itu posisikan lampu menggunakan tombol G pada sumbu xyz.
Setelah itu, kita tambahkan lantai dan dinding. Tekan shift+a kemudian pilih plane. Duplikasikan plane tersebut dengan shift+d kemudian atur posisinya dengan G pada sumbu xyz dan scale (tombol S) hingga mendapat hasil yang diinginkan.
Berikutnya kita akan menambah efek “ubin” pada lantai dan efek “mengkilap” pada dinding. Kedua efek ini bisa didapatkan dengan cara berikut:
Pilih salah satu plane, kemudian ke tab Material. Cek pilihan transparency, kemudian pilih RayTrace. Atur fres menjadi 0,1. Ini akan membuat cahaya yang terpantul menjadi tersebar.
Turun lagi ke bawah, dan cek pilihan Mirror. Set Refl menjadi 0,1. Ini akan memberikan efek cermin pada plane tersebut, dan value 0,1 adalah untuk memberikan kemiripan pada ubin.
Setelah itu, kita tambahkan lantai dan dinding. Tekan shift+a kemudian pilih plane. Duplikasikan plane tersebut dengan shift+d kemudian atur posisinya dengan G pada sumbu xyz dan scale (tombol S) hingga mendapat hasil yang diinginkan.
Berikutnya kita akan menambah efek “ubin” pada lantai dan efek “mengkilap” pada dinding. Kedua efek ini bisa didapatkan dengan cara berikut:
Pilih salah satu plane, kemudian ke tab Material. Cek pilihan transparency, kemudian pilih RayTrace. Atur fres menjadi 0,1. Ini akan membuat cahaya yang terpantul menjadi tersebar.
Turun lagi ke bawah, dan cek pilihan Mirror. Set Refl menjadi 0,1. Ini akan memberikan efek cermin pada plane tersebut, dan value 0,1 adalah untuk memberikan kemiripan pada ubin.
RIGGING, SKINNING, DAN ANIMASI
Selanjutnya, tekan Shift+A-Armature-Single Bone. Kemudian skalasi tulang dengan tombol S. Untung membuat tulang tersebut terlihat, masuk ke panel
Properties dan centang X-Ray.
Kemudian geser armature ke bagian bawah bungkus dengan tombol G-Z, kemudian tambahkan tulang dengan mengklik kanan tulang dan menekan tombol E(extrude), kemudian Z. Tambahkan hingga 3x.
Setelah ini kita akan menghubungkan armature tersebut dengan bungkus keripik. Proses ini dinamakan Skinning. Skinning mengelompokkan beberapa vertex menjadi beberapa grup. Kemudian masing-masing grup akan dihubungkan ke setiap tulang yang tersedia sehingga vertex pada objek bungkus akan mengikuti gerakan-gerakan tulang tersebut.
Ubah mode dari Edit Mode ke Pose Mode, dengan menekan CTRL+Tab.
Selanjutnya, pilih tulang paling atas dengan klik kanan. Setelah itu CTRL+P untuk Set Parent, kemudian Armature Deform.
Masuk ke panel Properties lagi, dan pilih display tulang menjadi Envelope.
Ubah distance menjadi 1.600 dan segment menjadi 3, sehingga gerakan tulangnya dapat diperhalus.
Sekarang bungkus keripik tersebut sudah siap untuk dianimasikan. Ubah view type menjadi DopeSheet, di pojok kanan atas window. Ada dua cara menganimasikan bone, yaitu manual dan otomatis. Kita akan menggunakan cara manual. Letakkan kursor di area preview, dan tekan i. Akan muncul beberapa pilihan untuk mengunci lokasi, rotasi, dan ukuran. Di tutorial ini kita menggunakan LocRotScale. Setelah itu kita dapat membuat animasi dengan memainkan frame-frame pada window bawah dengan menggerakan bone-bone yang telah kita buat di atas.
Output Terakhir :
0 komentar:
Posting Komentar